082386963301

S1-Perbankan Syariah

PROGRAM STUDI PERBANKAN SYARI’AH

 

VISI, MISI, TUJUAN, STRATEGI, DAN TATA NILAI

 

Visi

Terwujudnya Program Studi Perbankan Syariah Berdaya Saing Dalam Penyiapan Tenaga Perbankan Dan Entrepreneur Yang Bermutu Dan Berakhlakul Karimah Serta Mampu Menerapkan Teknologi Perbankan Pada Tahun 2023.

1.      Misi

Misi Program Studi Perbankan Syariah dibentuk dan dikembangkan berdasarkan kaidah ilmiah dalam wujud rencana strategis. Misi yang tercantum dalam rencana strategis program studi Perbankan Syariah. Adapun Misi Program Studi Perbankan Syariah adalah menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan sarjana strata 1 Perbankan Syariah dengan menyiapkan sumber daya manusia yang mempunyai kompetensi di bidang Perbankan Syariah dan kemampuan analisis melalui:

1.      Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas sesuai dengan pengembangan kurikulum perbankan syariah untuk mencetak lulusan yang profesional sebagai konsultan, praktisi, dan analis dalam bidang lembaga keuangan Bank dan Non Bank Syariah;

2.      Melaksanakan penelitian dengan berbagai pendekaan untuk menambah kemajuan dalam bidang lembaga keuangan Bank dan Non Bank Syariah;

3.      Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk menunjang peningkatan kemampuan sumber daya insani dalam bidang lembaga keuangan Bank dan Non Bank Syariah;

4.      Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk penerapan dan pengembangan dalam bidang lembaga keuangan Bank dan Non Bank Syariah.

5.      Mengembangkan manajemen Program Studi Perbankan Syariah yang akuntabel dengan pencitraan publik dan tata kelola yang ba

6.      Mengembangkan jiwa kepemimpinan dan kewirausahaan dengan dijiwai nilai-nilai Is

7.      Tujuan

Untuk mencapai visi dan misi di atas, Program Studi Perbankan Syariah  Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) HM. Lukman Edy Pekanbaru menyelenggarakan Tridharma Perguruan Tinggi dengan tujuan untuk:

1.      Menghasilkan sarjana Perbankan Syariah yang berkualitas dan berdaya saing

2.      Menghasilkan karya ilmiah yang bermanfaat bagi masyarakat luas dalam bidang Perbankan Syariah, keuangan dan perpajakan

3.      Mengimplementasikan hasil penelitian melalui pengabdian masy

4.      Menghasilkan kerjasama yang baik dengan berbagai pihak.

5.      Mewujudkan program studi yang bertata kelola baik

6.      Menghasilkan lulusan yang memiliki jiwa kepemimpinan dan entrepreneur dengan dijiwai oleh nilai-nilai I

7.      KURIKULIM PERBANKAN SYARI’AH

8.      Penetapan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

9.      Profil Lulusan

 

1.      Perumusan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

Dalam Permendikbud No. 49 Tahun 2014 pasal 5 ayat 1 dijelaskan, Capaian Pembelajaran (CP) mencakup unsur-unsur sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Menurut Permendikbud No. 49 Tahun 2014 pasal 6, keterampilan yang merupakan kemampuan unjuk kerja mencakup keterampilan umum dan keterampilan khusus. Penjabaran setiap unsur adalah sebagaimana berikut ini :

1.      Sikap

Sikap merupakan perilaku benar dan berbudaya yang terbangun dari terinternalisasi dan aktualisasi nilai dan norma selama proses belajardan kehidupan akademik dikampus baik terstruktur maupun tidak terstruktur. Sikap terbentuk melalui proses spiritual dan sosial dalambentuk pembelajaran, pengalaman kerja mahasiswa, serta keikutsertaandalam penelitian dan pengabdian masyarakat. Unsur sikap harusmengandung makna sesuai dengan rincian unsur sikap yang ditetapkandalam SN DIKTI. Universitas dimungkinkan menambahkan unsur sikap untuk menambah ciri perguruan tinggi bersangkutan atau profesi tertentu.

2.      Pengetahuan

Pengetahuan merupakan cerminan terhadap penguasaan konsep, teoridan metode dan/atau falsafah bidang ilmu tertentu secara sistematisyang diperoleh melalui penalaran dan terakumulasi selama prosespembelajaran, pengalaman kerja mahasiswa, penelitian dan/ataupengabdian masyarakat yang terkait pembelajaran. Unsur pengetahuanini secara jelas harus menunjuk bidang ilmu atau gugus pengetahuanyang menggambarkan program studi dengan menyatakan tingkat penguasaan, keluasan dan kedalaman pengetahuan yang harus dikuasaipara lulusannya. Rumusan pengetahuan harus memiliki kesetaraandengan Standar Isi Pembelajaran dalam SN DIKTI.

3.      Keterampilan Umum

Keterampilan merupakan perwujudan akhir dari proses transformasipotensi yang ada dalam setiap individu pembelajar menjadi kompetensi atau kemampuan yang aplikatif, bermanfaat. Keterampilan/kemampuan kerja tercermin melalui mekanisme unjuk kerja berdasarkan padakonsep, teori, metode, bahan, dan/atau instrumen sesuai dengan bidangnya, yang terbentuk melalui pembelajaran, pengalaman kerjamahasiswa, serta keikutsertaan dalam penelitian dan pengabdian masyarakat. Keterampilan umum adalah keterampilan yang wajib dimiliki oleh setiap lulusan dalam rangka menjamin kesetaraan kemampuan lulusan sesuai tingkat program dan jenis pendidikan tinggi dan sesuai dengan ketetapan pada SD DIKTI. Penambahan unsur keterampilan umum dimungkinkan untuk menjadi ciri perguruan tinggi pada para lulusannya.

4.      Keterampilan Khusus

Keterampilan khusus adalah keterampilan yang wajib dimiliki oleh setiap lulusan sesuai dengan bidang keilmuan program studi, yangterkait dengan metode yang digunakan dalam kerja tersebut, tingkat mutu yang harus dicapai dan kondisi/proses dalam mencapai hasil tersebut. Lingkup dan tingkat keterampilannya harus memiliki kesetaraan dengan seperti yang dideskripsikan CP KKNI menurut jenis dan jenjang pendidikan.

 

Sebaran Matakuliah Persemester

SMT

No.

MATA KULIAH

BOBOT

SKS MK DALAM KURIKULUM

SKS

Institusi

Umum

Khusus

Semester I

1

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

2

2

 

 

2

Bahasa Indonesia

2

2

 

 

3

Pengantar Ekonomi

2

2

 

 

4

Fiqih dan Praktik Ibadah

2

2

 

 

5

Bahasa Arab

2

2

 

 

6

Bahasa Inggris

2

2

 

 

7

Islam dan Tamadun Melayu

2

2

 

 

8

Aqidah Islam

2

2

 

 

9

Filsafat Ilmu dan Logika

2

 

2

 

10

Ilmu Sosial Dasar

2

 

2

 

Semester II

1

Pengantar manajemen

2

 

 

2

2

Statistik I

2

 

2

 

3

Fiqh Muamalah

2

 

2

 

4

Ayat-Ayat Ekonomi

2

 

2

 

5

Hadist-Hadist Ekonomi

2

 

2

 

6

Kewirausahaan

2

 

2

 

7

Pengantar Bisnis

2

 

 

2

8

Perekonomian Indonesia

2

 

2

 

9

Aspek Hukum perbankan syari’ah

3

 

 

3

Semester III

1

Matematika Ekonomi dan Bisnis

3

 

3

 

2

Koperasi & UKM

3

 

3

 

3

Pengantar Akuntansi

2

 

 

2

4

Ekonomi Mikro Syariah

3

 

 

3

5

Ekonomi Makro Syariah

3

 

 

3

6

Manajemen Operasional Perbankan Syariah

3

 

 

3

7

Manajemen Sumber Daya Insani

3

 

 

3

8

Etika Bisnis Islam

2

 

 

2

Semester IV

1

Metode Penelitian

3

 

3

 

2

Komputer Perbankan

3

 

 

3

3

Manajemen Pemasaran Bank Syari’ah

3

 

 

3

4

Statistik II

2

 

 

2

5

Bank dan Lembaga Keuangan lain

3

 

 

3

6

Manajemen Strategik

3

 

 

3

7

Manajemen Pembiayaan Bank Syari’ah

3

 

 

3

8

Bisnis Syariah

2

 

 

2

Semester V

1

Manajemen Keuangan dan investasi Islam

3

 

 

3

2

Akuntansi Biaya

3

 

 

3

3

Manajemen ZISWAF

3

 

 

3

4

Metode Penelitian Perbankan syari’ah

3

 

 

3

5

Pemasaran Digital

3

 

 

3

6

Akuntansi Lembaga Keuangan Syariah

3

 

 

3

7

Studi Kelayakan Bisnis

2

 

 

2

8

Etika Profesi

3

 

 

3

Semester VI

1

Manajemen Aset dan Liabilities Bank Syariah

3

 

 

3

2

Akuntansi Bank Syariah

3

 

 

3

3

Sistem Informasi Manajemen

3

 

 

3

4

Pembiayaan Mikro Syariah

3

 

 

3

5

Account Officer & Costumer Services

3

 

 

3

6

Manajemen Risiko Bank Syariah

3

 

 

3

7

Audit Syariah

3

 

 

3

Semester VII

1

Entrepreneur

2

 

 

2

2

Leadership

2

 

 

2

3

Praktik Perbankan Syariah

3

 

 

3

4

PKL/Magang

2

 

2

 

5

Proposal

2

2

 

 

Semester VIII

1

KKD

2

2

 

 

2

Konfrehensif

2

2

 

 

3

Skripsi

2

2

 

 

 

4.      DOSEN PENGAMPU MATAKULIAH

  • H. Murah Syahrial
  • Zainur.,M.E.,Sy
  • Jaidil Kamal.,M.E.,Sy
  • Nurkhozin S Hadi.,M.P
  • Asrial Saputra.,M.E.Sy
  • Veni Reza.,M.Soc.,Sc
  • Indah Rahmawati.,M.AP
  • Putri Citra Setiawati.,M.E

 

 

 

Silahkan Hubungi Kami