PROGRAM STUDI PERBANKAN SYARI’AH
VISI, MISI, TUJUAN, STRATEGI, DAN TATA NILAI
Visi Terwujudnya Program Studi Perbankan Syariah Berdaya Saing Dalam Penyiapan Tenaga Perbankan Dan Entrepreneur Yang Bermutu Dan Berakhlakul Karimah Serta Mampu Menerapkan Teknologi Perbankan Pada Tahun 2023. 1. Misi Misi Program Studi Perbankan Syariah dibentuk dan dikembangkan berdasarkan kaidah ilmiah dalam wujud rencana strategis. Misi yang tercantum dalam rencana strategis program studi Perbankan Syariah. Adapun Misi Program Studi Perbankan Syariah adalah menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan sarjana strata 1 Perbankan Syariah dengan menyiapkan sumber daya manusia yang mempunyai kompetensi di bidang Perbankan Syariah dan kemampuan analisis melalui: 1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas sesuai dengan pengembangan kurikulum perbankan syariah untuk mencetak lulusan yang profesional sebagai konsultan, praktisi, dan analis dalam bidang lembaga keuangan Bank dan Non Bank Syariah; 2. Melaksanakan penelitian dengan berbagai pendekaan untuk menambah kemajuan dalam bidang lembaga keuangan Bank dan Non Bank Syariah; 3. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk menunjang peningkatan kemampuan sumber daya insani dalam bidang lembaga keuangan Bank dan Non Bank Syariah; 4. Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk penerapan dan pengembangan dalam bidang lembaga keuangan Bank dan Non Bank Syariah. 5. Mengembangkan manajemen Program Studi Perbankan Syariah yang akuntabel dengan pencitraan publik dan tata kelola yang ba 6. Mengembangkan jiwa kepemimpinan dan kewirausahaan dengan dijiwai nilai-nilai Is 7. Tujuan Untuk mencapai visi dan misi di atas, Program Studi Perbankan Syariah Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) HM. Lukman Edy Pekanbaru menyelenggarakan Tridharma Perguruan Tinggi dengan tujuan untuk: 1. Menghasilkan sarjana Perbankan Syariah yang berkualitas dan berdaya saing 2. Menghasilkan karya ilmiah yang bermanfaat bagi masyarakat luas dalam bidang Perbankan Syariah, keuangan dan perpajakan 3. Mengimplementasikan hasil penelitian melalui pengabdian masy 4. Menghasilkan kerjasama yang baik dengan berbagai pihak. 5. Mewujudkan program studi yang bertata kelola baik 6. Menghasilkan lulusan yang memiliki jiwa kepemimpinan dan entrepreneur dengan dijiwai oleh nilai-nilai I 7. KURIKULIM PERBANKAN SYARI’AH 8. Penetapan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) 9. Profil Lulusan
1. Perumusan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Dalam Permendikbud No. 49 Tahun 2014 pasal 5 ayat 1 dijelaskan, Capaian Pembelajaran (CP) mencakup unsur-unsur sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Menurut Permendikbud No. 49 Tahun 2014 pasal 6, keterampilan yang merupakan kemampuan unjuk kerja mencakup keterampilan umum dan keterampilan khusus. Penjabaran setiap unsur adalah sebagaimana berikut ini : 1. Sikap Sikap merupakan perilaku benar dan berbudaya yang terbangun dari terinternalisasi dan aktualisasi nilai dan norma selama proses belajardan kehidupan akademik dikampus baik terstruktur maupun tidak terstruktur. Sikap terbentuk melalui proses spiritual dan sosial dalambentuk pembelajaran, pengalaman kerja mahasiswa, serta keikutsertaandalam penelitian dan pengabdian masyarakat. Unsur sikap harusmengandung makna sesuai dengan rincian unsur sikap yang ditetapkandalam SN DIKTI. Universitas dimungkinkan menambahkan unsur sikap untuk menambah ciri perguruan tinggi bersangkutan atau profesi tertentu. 2. Pengetahuan Pengetahuan merupakan cerminan terhadap penguasaan konsep, teoridan metode dan/atau falsafah bidang ilmu tertentu secara sistematisyang diperoleh melalui penalaran dan terakumulasi selama prosespembelajaran, pengalaman kerja mahasiswa, penelitian dan/ataupengabdian masyarakat yang terkait pembelajaran. Unsur pengetahuanini secara jelas harus menunjuk bidang ilmu atau gugus pengetahuanyang menggambarkan program studi dengan menyatakan tingkat penguasaan, keluasan dan kedalaman pengetahuan yang harus dikuasaipara lulusannya. Rumusan pengetahuan harus memiliki kesetaraandengan Standar Isi Pembelajaran dalam SN DIKTI. 3. Keterampilan Umum Keterampilan merupakan perwujudan akhir dari proses transformasipotensi yang ada dalam setiap individu pembelajar menjadi kompetensi atau kemampuan yang aplikatif, bermanfaat. Keterampilan/kemampuan kerja tercermin melalui mekanisme unjuk kerja berdasarkan padakonsep, teori, metode, bahan, dan/atau instrumen sesuai dengan bidangnya, yang terbentuk melalui pembelajaran, pengalaman kerjamahasiswa, serta keikutsertaan dalam penelitian dan pengabdian masyarakat. Keterampilan umum adalah keterampilan yang wajib dimiliki oleh setiap lulusan dalam rangka menjamin kesetaraan kemampuan lulusan sesuai tingkat program dan jenis pendidikan tinggi dan sesuai dengan ketetapan pada SD DIKTI. Penambahan unsur keterampilan umum dimungkinkan untuk menjadi ciri perguruan tinggi pada para lulusannya. 4. Keterampilan Khusus Keterampilan khusus adalah keterampilan yang wajib dimiliki oleh setiap lulusan sesuai dengan bidang keilmuan program studi, yangterkait dengan metode yang digunakan dalam kerja tersebut, tingkat mutu yang harus dicapai dan kondisi/proses dalam mencapai hasil tersebut. Lingkup dan tingkat keterampilannya harus memiliki kesetaraan dengan seperti yang dideskripsikan CP KKNI menurut jenis dan jenjang pendidikan.
Sebaran Matakuliah Persemester
4. DOSEN PENGAMPU MATAKULIAH
|
|
|
© Copyright Intitut Agama Islam Lukman Edy 2023